SELAMAT DATANG DI BLOG STKIP HAMZAR DAN MENGUCAPKAN : SELAMAT ATAS BERDIRINYA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) HAMZAR KABUPATEN LOMBOK UTARA. Izin KEMDIKNAS RI, Nomor: 04/D/O/2011, Tanggal 7 Januari 2011. Kampus Induk: Komplek Perguruan Yayasan Maraqitta'limat Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan

Kamis, 10 Maret 2011

Yamtia KLU Susun Program Kerja

Nusa Tenggara Barat - Setelah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzar dibawah naungan Yayasan Maraqitta’limat (Yamtia) Kabupaten Lombok Utara (KLU) memperoleh ijin oprasinal dari Kemdiknas RI, 7 Jauari 2011 lalu, kini Yamtia mulai menyusun berbagai program kerja kedepan.

“Ijin STKIP Hamzar sudah kita terima dengan nomor: 4/D/O/2011 dengan membuka dua program studi yaitu S-1 PGSD dan S-1 PG-PAUD, dan satu-satunya STKIP yang memperoleh ijin dari Kemdiknas RI di KLU. Dan untuk mendukung semua program itu, tentu kita harus terus berbenah”, kata pimpinan pusat Yamtia NTB, H. Mashal, SH. MM, kemarin.

Dikatakan, untuk memperkuat yayasan ini, kita sudah mendirikan Forum Madrasah Maraqitta’limat (FMM) dan Himpunan Pemuda Maraqit (HPM), serta yang menangani bidang ekonomi di lingkup jama’ah Yamtia di KLU. Yang kesemuanya itu bertujuan untuk membantu pemerintah KLU dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten yang baru dua tahun mekar ini.

“Dan semua program yang sudah, sedang, dan yang akan dijalankan Yamtia, sudah kita sampaikan ke Bupati KLU. Dan beliau sangat merespon, termasuk keberadaan STKIP Hamzar yang berpusat di Dayan Gunung”, jelas H. Mashal.

Untuk menjembatani jalinan informasi dan komunikasi, lanjutnya, Yamtia juga mendirikan Pusat Informasi di KLU, yang diawali dengan penerbitan Buletin Ta’limat yang sekarang ini sudah memaki terbitan edisi ke 3. “Alhamdulillah Buletin sederhana ini juga mendapat sambutan dari berbagai kalangan termasuk dari akademisi”, jelasnya.

Di bidang IT, yayasan Maraqitta’limat juga mengelola blog yang bisa dibaca setiap saat, yaitu, Mt-news, dan blog stkiphamzar, serta ditambah dengan blog yamtia.wordpress yang dikelola oleh beberapa pelajar yang sedang menimba ilmu di Makkah Al-Mukarromah. “Dan ini merupakan salah satu cara untuk menyampaikan berbagai kegiatan yayasan kepada khalayak”, ungkap H. Mashal yang juga sebagai ketua lembaga STKIP Hamzar KLU.

Menyoroti tentang lembaga pendidikan yang dimiliki Yamtia, menurut H. Mashal, sekarang ini sudah berdiri 18 Madrasah Ibtidaiyah, 3 SD Islam, 13 Madrasah Tsanawiyah, 1 SMP, 2 SMA, dan 2 Madrasah Aliah. Di samping itu, juga didirikan 8 SMK dan dua buah perguruan tinggi, yaitu STIKES Hamzar di Kabupaten Lombok Timur dan STKIP Hamzar.di KLU.

Melihat perkembangan lembaga pendidikan ini, Pembina Yamtia, TGH. Hazmi Hamzar, mengakui, bahwa setiap santri dan siswa perlu dibekali keterampilan, karena mengingat persaingan hidup di tengah masyarakat yang semakin ketat. “Karena minimnya keterampilan inilah yang kadang-kadang membuat enggan orang masuk pesantren”, tegasnya.

Untuk mewujudkan santri yang memiliki keterampilan, yayasan Maraqitta’limat, juga mendirikan beberapa buah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan berbagai jurusan, seperti SMK pertukangan, kesehatan,Peternakan, otomotif dan beberapa jurusan lainnya. “Dan Insya Allah di KLU juga kita akan dirikan SMK”, katanya.

H. Hazmi menambahkan, ada empat program yayasan yang besar dijalankan, antara lain mewujudkan satu rumah satu sarjana, pusat konseling rumah Al-Hamzar, pendirian radio umat serta mencetak majalah Ta’limat, Dan semua program itu sedang berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar